Makanan Serta Minuman Untuk Mengusir Stres


stres

stres

Setiap orang baik tua maupun muda sampai dengan anak-anak pasti pernah mengalami stres. Namun, kondisi stres pada seseorang dalam beberapa situasi justru dapat memberikan manfaat.

Stres bukanlah suatu hal yang harus dihindari, namun justru harus dikelola dengan baik agar tidak berdampak negatif pada kesehatan kita.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, stres merupakan suatu kondisi dimana seseorang dihadapkan pada berbagai macam masalah seperti tuntutan, peluang aatau masalah psikologis lainnya yang berpengaruh pada kondisi kejiwaan seseorang.

Beberapa faktor yang dapat memunculkan kondisi stres pada seseorang, meliputi:

Faktor individu

Stres yang paling sering terjadi umumnya disebabkan oleh faktor individu yaitu berbagai masalah yang muncul dari dalam diri orang itu sendiri sebagai akibat dari ketidakmampuan orang tersebut dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya.

Beberapa faktor individu yang dapat memicu munculnya stres pada seseorang, termasuk karakter orang itu sendiri, masalah keluarga, masalah ekonomi, pekerjaan dan lain sebagainya. Seseorang yang mengalami keadaan rumah tangga yang tidak sehat, mudah berselidih dengan pasangan, tidak percaya antara satu dengan yang lainnya, dan lain sebagainya juga memiliki kecenderungan untuk terserang stres jika dibandingkan dengan seseorang yang keadaan dalam rumah tangganya tenang, harmonis serta rukun.

Faktor lingkungan

Faktor yang juga dapat mempengaruhi tingkat stres seseorang adalah faktor lingkungan. Lingkungan merupakan keadaan disekitar seseorang dalam berkomunikasi serta berinteraksi sehingga ikut berperan dalam menciptakan kenyamanan atau bahkan bisa juga menyebabkan seseorang justru mengalami stres.

Faktor organisasi

stress kerja

stres saat bekerja

Faktor organisasi lebih menjurus pada tempat seseorang dalam berkerja maupun melakukan aktivitas yang lainnya.

Tekanan yang berat seperti diharuskan untuk menyelesaikan tugas yang terlalu banyak dalam jangka waktu yang singkat, tuntutan dari atasan agar lebih profesional dalam menyelesaikan tugas dan hal yang lainnya merupakan penyebab dari stres oleh faktor organisasi.

Untuk menyikapi sebagai upaya dalam pengendalian stres agar tidak berdampak negatif pada kesehatan kita, maka kita perlu untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang dapat mengurangi dan bahkan dapat mengusir stres. Selain itu, kita juga bisa melakukan beberapa jenis olahraga yang dapat membuat kita menjadi lebih fokus dalam melakukan berbagai macam hal.

Beberapa makanan serta minuman yang dapat kita konsumsi untuk mengusir stres, meliputi:

  • Apricot
buah apricot

buah apricot

Buah apricot memiliki rasa manis dan asam yang dapat membuat pikiran kita menjadi lebih tenang . Selain itu, apricot juga mengandung magnesium yang juga dapat melawan stres.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk ternyata juga dapat mengusir stres. Menurut sebuah penelitian di Jerman, menyatakan bahwa vitamin C dapat mengurangi kadar stres dengan cara menormalkan kadar kotrisol serta dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh kita.

  • Ubi jalar

Ubi jalar termasuk dalam tumbuhan umbi-umbian yang mengandung vitamin, serat, betakaroten  dan juga mengandung karbohidrat yang juga dapat membantu dalam mengurangi stres pada seseorang.

  • Daging kalkun

Daging kalkun memiliki sifat menenangkan, karena mengandung L-tryptophan yang dapat membantu organ otak dalam melepaskan hormon serotonin yang berfungsi untuk meningkatkan mood seseorang.

  • Bayam
semangkuk bayam

semangkuk bayam

Kandungan magnesium dalam bayam dapat mencukupi kebutuhan tubuh kita akan magnesium. Magnesium diperlukan oleh tubuh kita untuk mengatasi rasa mudah lelah serta mengurangi migrain yang nantinya dapat memunculkan stres.

  • Sayuran hijau

Berbagai sayuran yang berdaun hijau, contohnya brokoli juga dapat menenangkan saraf pusat serta dapat menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

  • Teh

Teh mengandung berbagai senyawa yang dapat mengurangi hormon kortisol dalam tubuh kita. Kelebihan hormon kortisol dalam tubuh, akan menyebabkan kita mengalami stres. Teh hijau mengandung senyawa theanin yang membuat organ otak menjadi lebih tenang.

  • Cokelat
cokelat batangan

cokelat batangan

Cokelat telah lama dipercaya dapat mengurangi kondisi stres pada seseorang. Cokelat mengandung senyawa yang bernama endorphin yang nantinya dapat meningkatkan kadar hormon serotonin yang dapat membuat seseorang menjadi merasa lebih tenang, nyaman serta dapat memperbaiki mood seseorang. Cokelat hitam atau dark chocolate juga mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Walaupun demikian, ada baiknya agar tidak mengkonsumsi cokelat secara berlebihan. Gula, kalori serta lemak yang terkandung di dalam cokelat dapat berdampak buruk pada kesehatan kita. Jadi ada baiknya untuk mengkonsumsi cokelat sebanyak 2 sampai 3 ons saja dalam 1 minggu.

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman seperti diatas, anda juga bisa mengkonsumsi Nectura Juice yang selain mengandung antioksidan yang tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh serta dapat menjaga kestabilan hormon dalam tubuh kita.