Kandungan Dan Manfaat Anggur Hijau

Kandungan dan manfaat anggur hijau

Anggur Hijau

Studi laboratorium yang baru dilakukan oleh ilmuwan Italia dan AS membuktikan bahwa kulit dan daging anggur hijau menawarkan manfaat kesehatan dan perlindungan dari penyakit kardiovaskuler yang sama seperti ditemukan dalam anggur merah.

Anggur hijau merupakan jenis anggur yang memiliki nilai gizi yang tinggi dan selalu tersedia sepanjang tahun.

 

Kandungan Anggur Hijau

Anggur hijau kaya akan vitamin A, B6, C dan vitamin K, karbohidrat, rendah kalori, lemak jenuh serta aman dari kolesterol.

Buah anggur hijau juga merupakan sumber mineral yang sangat baik karena mengandung kalsium, potassium, zat besi, magnesium, fosfor dan selenium. Spesies anggur hijau juga memiliki Catechins yang merupakan Flavonoid antioksidan.

Buah anggur hijau juga bermanfaat untuk pengobatan saluran pernafasan. Untuk mengatasi masalah pernafasan anggur bisa digunakan sebagai obat dengan diolah terlebih dahulu menjadi minuman berupa jus.

Air anggur yang diperah juga bermanfaat untuk mengatasi batuk, menurunkan panas badan serta membuat perut terasa nyaman.

Jus anggur juga bisa membantu proses penyembuhan dari penyakit wasir, batu ginjal, gangguan pencernaan serta gangguan empedu.

Anggur segar ataupun anggur muda keduanya sama-sama memiliki manfaat yang bisa menghambat pendarahan atau darah yang mengalir keluar terus menerus, memperlancar dan memperkuat saluran pencernaan dan mengatasi mengatasi masalah usus besar.

Para ahli gizi memberi saran untuk membiasakan diri minum dengan dosis satu gelas jus anggur yang diminum pada sebelum sarapan dan setelah makan malam setiap hari.

Minum anggur yang dilakukan sebelum tidur bisa membantu mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia.

Jus anggur juga sangat bermanfaat untuk mengatasi orang yang merasa kecapekan, batu karang (batu ginjal), keracunan ataupun dalam proses penyembuhan.

Para ahli gizi juga menambahkan setelah diperah jus anggur harus segera diminum karena jika dibiarkan terlalu lama maka jus anggur ini akan berubah menjadi arak yang bisa menimbulkan efek mabuk.

 

Manfaat Kesehatan Anggur Hijau

1. Asma

Buah anggur bisa meningkatkan kadar air dalam paru-paru karena memiliki kekuatan assimilatory. Hal ini bisa mengurangi gangguan sesak napas sehingga sangat bermanfaat bagi seseorang yang menderita asma.

 

2. Antibakteri

Anggur hijau bisa melindungi tubuh dari infeksi karena mempunyai kandungan antivirus dan antibakterial yang kuat.

 

3. Alzheimer

Sebuah penelitian membuktikan bahwa buah anggur hijau bisa mencegah penyakit Alzheimer dan meningkatkan kesehatan otak.

Hal ini karena anggur mengandung resveratol, yaitu sebuah polifenol yang bisa mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

 

4. Kanker payudara

Sebuah penelitian yang lain juga membuktikan bahwa jus anggur bisa membantu mencegah kanker payudara yang secara signifikan serta mengurangi massa tumor pada payudara.

 

5. Sembelit

Anggur hijau mengandung gula, asam organik, dan selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Tentunya hal ini sangat baik untuk mengatasi keluhan susah buang air besar atau sembelit.

 

6. Kelelahan

Jus anggur mengandung energi instan dan kaya akan zat besi, dengan kata lain jus anggur kaya bisa mengurangi kelelahan asalkan diimbangi dengan masa istirahat yang cukup.

 

7. Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan mengalami peningkatan jika anda mengonsumsi buah anggur yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah pembekuan darah.

Buah anggur hijau juga mengandung antioksidan yang bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

 

8. Pencernaan

Ada baiknya anda mengkonsumsi anggur jika anda mengalami masalah pencernaan. Buah anggur hijau sangat  baik untuk mengatasi gangguan pada daerah perut.

 

9. Migrain

Rutin minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi bisa menyembuhkan sakit kepala sebelah atau penyakit migrain.

 

10. Gangguan ginjal

Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

4 comments for “Kandungan Dan Manfaat Anggur Hijau

  1. April 14, 2013 at 11:10 am

    terimakasih share nya. artikel yang menarik dan bermanfaat.

  2. May 7, 2013 at 12:40 am

    Thanks tips kesehatannya

  3. February 7, 2014 at 11:46 am

    luar biasa om.. terima kasih.. informasinya salam sehat slalu

  4. October 1, 2014 at 7:58 pm

    tk ya infonya..

Leave a Reply