Fakta Tentang Gula

gula halus

gula halus

Hampir di setiap jenis makanan mengandung gula.

Fabien Ferucca serta Gerard Poradierdalam bukunya The Rubbish on Our Plates, menulis sebuah pendapat yang  berbunyi:  Yang tertulis dengan tinta emas pada halaman depan buku manual petunjuk pabrik gula adalah motto: Jika ia dapat dimakan, didalamnya pasti ada gulanya, jika tidak ada gulanya, masukkan beberapa gula didalamnya.

Memang, tidak ada satu makanan atau minuman ringan hingga saus kemasan sekalipun yang tidak mengandung gula didalamnya. Sebenarnya setiap suatu makanan yang diawetkan lebih dari lima bulan dipastikan mengandung gula sebagai bahan pengawet.

Namun Nectura mempunyai kandungan gula dari bahan alami, gula yang berasal dari buah-buahan

Manfaat gula yang lain, dari sudut pandang bisnis adalah bahwa gula memerlukan air untuk melarutkannya. Hal ini sangat bermanfaat sekali, karena dengan mencelupkan segala sesuatu ke dalam gula sebelum membekukannya, membuat makanan tersebut menjadi semakin bertambah berat massanya.

Maka tidaklah mengherankan jika mada jaman sekarang orang-orang diseluruh belahan dunia sedang menghadapi persoalan kelebihan gula yang pada akhirnya mengarah pada berbagai macam penyakit, seperti kegemukan, malnutrisi, penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Sebuah kajian telah menunjukkan bahwa orang di Amerika mengkonsumsi sekitar 42 sendok teh atau setara dengan 120 gram gula per harinya. Seorang utusan konsumer pada bulan Januari 1999 menyusun diet hipotesis seorang anak gadis yang berumur 11 tahun sebagai berikut:

Makanan Yang Dikonsumsi     Perkiraan Gula dalam sendok teh

Makan pagi    Milo  + susukental                     3.7

1 hidangan corn frosties            4.9

Reses            1 potong fruit cake                     3.5

1 gelas Ribena                           2.0

1 potong wafer                            2.0

Makan siang  1 kaleng root beer                      7.6

5 potong fruit jelly                       3.0

Teh                 1 paket susu                              5.8

1 potong custard cake               3.0

Makan sore    1 gelas Ribena                          2.0

5 potong fruit jelly                     3.0

Makan malam   1 gelas Horlicks (3-in-1)           3.0

Diet yang tersebut diatas masih belum termasuk karbohidrat lain seperti – roti, nasi dan sebagainya, telah memasok sekitar 43.5 sendok teh gula sehari. Ini sudah jauh melebihi kebutuhan tubuh akan gula per hari.

Untuk menjaga tingkat gula darah tubuh yang normal 70 hingga 90 mg per 100 ml darah, maka jika seseorang yang memiliki berat badan sekitar 70 kg membutuhkan hanya 4 hingga 5 gram gula sehari. Berarti orang tersebut membutuhkan sekitar 1 hingga 2 sendok teh gula saja dalam 1 hari.

Kelebihan asupan gula akan dapat memberikan beban yang terlalu berat bagi organ pankreas dan organ liver. Kedua organ tersebut memainkan peranan yang sangat penting dalam menstabilkan gula dalam tubuh manusia.

Jika terdapat kelebihan gula dalam darah, pankreas akan melepaskan insulin yang menyebabkan tubuh membuang glukosa dari darah dan di saat yang sama, liver serta otot akan ikut terangsang untuk menyimpan glukosa menjadi glikogen. Sehingga membuat kadar glukosa dalam darah menjadi normal kembali.

gula kotak

gula kotak

Kadar glukosa dapat turun di bawah tingkatan normal setelah suatu saat tertentu. Organ pankreas akan melepaskan hormon yang lain yang disebut glukagon. Hormon inilah yang merangsang sel-sel liver untuk mengobah glukagon menjadi glukosa. Dengan demikan, kadar glukosa dalam darah dapat naik kembali.

Sistem insulin dan glukagon, merupakan suatu mekanisme kontrol yang kuat serta bertindak dengan cepat untuk menjaga kadar gula darah. Dengan mengkonsumsi gula terlalu banyak, sebenarnya anda justru memberikan beban kerja yang berlebihan serta tidak perlu pada pankreas dan liver anda.

Sebagai analoginya, kita ambil contoh peralatan listrik dirumah kita. Jika terjadi suatu sentakan daya, hal ini dapat berakibat merusakkan piranti lunaknya. Begitu juga dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan, pankreas serta liver akan mengalami seperti sentakan daya, yang membuat kedua organ tersebut perlu untuk menstabilkan kondisi ini.

Bila sentakan seperti ini terlalu sering terjadi setiap hari selama bertahun-tahun, sedangkan  liver maupun pankreas diharuskan untuk menanggung siksaan yang luarbiasa hebatnya dan berkepanjangan, menurut anda berapa lamakah kedua organ vital tersebut mampu untuk bertahan?

Disamping itu, gula merupakan makanan kosong. Gula tidak memiliki nilai gizi sama sekali. Gula pasir telah hilang zat gizi, mineral serta vitaminnya. Dengan demikian, konsumsi gula pasir dapat menyebabkan malnutrisi atau kurang gizi.

Tubuh memerlukan vitamin dan mineral dari berbagai sumber makanan yang lain agar dapat menjamin asupan sukrosa dalam bentuk yang murni.

Kondisi tubuh yang terlalu asam, terjadi sebagai akibat dari mengkonsumsi gula dalam produk-produk makanan olahan setiap hari. akibatnya, semakin banyak mineral yang diambil dari dalam tubuh untuk membenahi ketidakseimbangan tersebut.

Bahkan untuk menyerap gula, tubuh harus menghabiskan simpanan vitamin dan mineral yang dapat menyebabkan terjadinya malnutrisi. Gula mampu menurunkan bahkan melumpuhkan sistem kekebalan tubuh.

macam-macam gula

macam-macam gula

Diperkirakan bahwa kemampuan sel-sel darah putih untuk memerangi infeksi menurun hingga 92% selama sekitar 4 jam setelah orang tersebut mengkonsumsi sebotol minuman ringan.  Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh akan menderita sepanjang hari hika anda tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung gula sepanjang hari.

Gula masuk dalam berbagai macam bentuk makanan. Belajarlah untuk mengenalinya. Bentuk-bentuk tersebut ditemukan sebagai: butiran gula pasir, gula kasturi putih, lapisan gula, gula batu, gula coklat ringan atau sedang, molasses (tetes), gula melaka, sirup, permen serta coklat.

Gula dengan nama-nama lain. Molasses (tetes), fruktosa, glukosa, dekstrosa, maltosa, sirup jagung, sirup jagung tinggi fruktosa, sorbitol, mannitol, malitol, serta xylitol.

Gula-gula tersembunyi. Gula-gula yang tersembunyi dapat ditemukan dalam sereal makan pagi, minuman-minuman dalam botol, biskuit, kue, bubur, es krim, kecap, saus tomat, makanan kaleng, makanan beku serta semua jenis junk food.

pengganti gula alami

pengganti gula alami

  • Pengganti gula

Penuhilah kebutuhan gula anda dari jus buah alami. Anda juga dapat mengkonsumsi madu mentah dalam jumlah sedang.

Namun anda harus ingat, disarankan untuk tidak memasak atau memanaskan madu.

 

 

 

Leave a Reply