Cara Menanam Dan Pemanfaatan Kecambah

jus kecambah gandum

jus kecambah gandum

Jus kecambah gandum merupakan makanan yang kuat dan harus diminum langsung setelah diperas dari ipukan gandum.

Kecambah gandum kering yang dihaluskan dan dikemas dalam botol khasiatnya kurang baik.

Belilah semaian atau ipukan yang segar bila perlu. Namun, jika anda memiliki banyak waktu luang dan ruang, tanamlah sendiri karena pekerjaan ini mudah sekali untuk dilakukan.

Untuk melakukan pekerjaan ini, pertama-tama anda perlu membeli biji-biji gandum yang tipe kecambahnya dapat hidup.

Barang seperti ini dapat anda beli dari toko kesehatan.Jangan membeli benih dari petani karena mungkin sekali benih-benih tersebut telah ditanam dengan semprotan pestisida dan juga bukan varietas yang tepat.

kecambah gandumBenih yang mati tidak akan dapat berkecambah. Di samping itu, benih-benih ini tidak dapat berakar setelah dua atau tiga kali tanam.

Diantara sekian banyak faktor lain, lama dan suhu penyimpanan benih-benih ini menentukan kemungkinan pertumbuhannya dengan baik. Jika disimpan terlalu lama dan di bawah suhu yang hangat, benih-benih ini kemungkinan tidak dapat berkecambah.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk menanam kecambah gandum:

Langkah 1: Ambil semangkuk biji gandum dan buanglah benih-benih yang rusak atau kotor. Bilas benih-benih tersebut dua atau tiga kali dibawah air mengalir yang bersih kemudian rendam dalam air semalam.

Langkah 2: Siapkan kotak atau talam persemaian. Gunakan talam plastik karena harganya murah. Pilihlah talam yang memiliki lubanglubang kecil pada bagian bawahnya untuk memungkinkan pengeringan air dengan baik. Masukkan campuran tanah kebun yang bersih, pasir dan tanah gemuk atau gemuk kelapa kedalam talam sebagai media penyemaian.

Langkah 3: Setelah direndam semalam, kemudian benih tadi ditaburkan secara merata di atas media penyemaian. Tempatkan media penyemaian dalam naungan kecil atau ttup dengan semelbar kain atau jaring.  Siramkan air pada benih-benih yang berkecambah pagi dan sore. Dalam waktu dua atau tiga hari, benih akan mulai berkecambah dan tumbuh tunas-tunas berwarna hijau. Pindahkan kain atau jaring penutup dan biarkan kecambah-kecambah tersebut tumbuh. Mereka siap dipanen setelah lima hingga tujuh hari.

Catatan: jangan biarkan talam mengering. Anda perlu menyiraminya sekali atau dua kali setiap hari. jangan dipupuk karena tidak perlu.

Langkah 4: Potong jumlah tunas secukupnya untuk dibuat jus setiap hari. barkan sisanya yang tidak anda butuhkan tetap tumbuh dalam talam.dari pengalaman pertama ini, anda akan dapat merencanakan kebutuhan anda sehari-hari dan memutuskan jumlah talam yang anda perlukan untuk menyemaikan benih setiap minggu. Atur penanaman anda secara bergiliran untuk menjamin bahwa anda selalu memiliki pasokan kecambah gandum secara tetap.

Minumlah jus kecambah gandum yang baru diperas sekali atau dua kali sehari. Mula-mula, minumlah dua atau tiga sendok makan saja. Jika anda kelebihan dosis, anda bisa merasa sakit atau bahkan bisa muntah-muntah.

Kecambah gandum sangat kaya akan klorofil dan vitamin C, di samping seluruh kisaran berbagai vitamin A, B, E, F, dan K.

Benih-benih Berkecambah. Tanamlah sebuah biji, niscaya akhirnya ia akan tumbuh menjadi sebatang pohon oak. Tanamlah sekerat daging, niscaya ia akan membusuk dalam beberapa hari saja.

kecambah kacang polong / tow meow

kecambah kacang polong / tow meow

Agaknya pernyataan di atas membawa pesan jitu – biji melahirkan kehidupan dalam bentuk padatnya.

Saat benih yang istirahat menyerap air, maka proses kehidupan mulai terjadi dan kecambah muda telah siap dan lengkap untuk tumbuh menjadi sebuah tanaman baru. Tunas menggambarkan bibit yang baru menetas.

Ada seseorang teman yang datang kepada kami dan mengatakan bahwa dia kenal dengan seseorang yang memakan kecambah buncis dan biji-bijian mentah sebagai diet utamanya; tubuh orang itu sehat dengan pipi yang merona dan halus.

Hal ini tidak ia perkirakan sebelumnya karena kecambah mengandung protein-protein pra-cerna yang lengkap, yang membuatnya mudah untuk dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan. Dengan demikian, protein-protein tersebut memberikan energi yang cepat dan kuat kepada kita.

kecambah alfalfa

kecambah alfalfa

Melalui proses perkecambahan, diyakini bahwa jumlah enzim, vitamin dan mineral sangat banyak di dalam benih tersebut.

Misalnya, vitamin C dalam kacang polongyang berkecambah meningkat 800% dalam empat hari berkecambah dibandingkan dengan vitamin C yang ditemukan dalam kacang polong kering.

Dalam miju-miju dan mung bean, vitamin B-Kompleksnya meningkat tiga kali lipat. Kandungan vitamin E dalam gandum meningkat 300% dan dalam oat, vitamin B-nya meningkat hingga 1.300%.

Di Malaysia, setiap orang memakan kecambah; inilah satu-datunya kecambah mung bean atau tau ge. Juga ada kecambah kacang polong yang disebut tiw meow.

Di berbagai negara Barat, tampaknya orang-orang suka membuat kecambah dari segala jenis biji-bijian, padi-padian atau kacang-kacangan untuk makanan mereka.

Keuntungan memakan kecambah adalah karena makanan ini dapat tumbuh di iklim apapun, tidak menuntut tanah atau sinar matahari langsung.

Contoh biji-bijian yang dapat dibuat kecambah untuk makanan adalah:

kecambah miju-miju

kecambah miju-miju

Alfalfa

Kacang adzuki

Soba

Brokoli

Semanggi

Kol Cina

Fenugreek

Garbanzo

Kacang hijau

Bawang prei

Miju-miju

Mung bean

kecambah lobak

kecambah lobak

Mostar

Kacang tanah

Lobak

Kacang merah

Bawang yang berkecambah

Bunga matahari

Kedelai

Gandum

Cara membuat kecambah:

Penting untuk anda ingat: Belilah benih untuk membuat kecambah dari toko-toko makanan kesehatan. Jangan mendapatkannya dari toko-toko yang menjual benih-benih pertanian. Biasanya benih untuk ditanam telah diberi pestisida dan benih-benih ini hanya dimaksudkan untuk ditanam bukan untuk dibuat kecambah.

Langah 1: Pilihlah benih atau biji yang ingin anda buat kecambah dan takarlah. Untuk menih yang kecil-kecil gunakan 2 atau 3 sendok makan, untuk menih yang berukuran sedang gunakan hingga 1/2 cangkir dan untuk benih atau biji yang berukuran besar, gunakan sekitar satu cangkir. Sebelum direndam, periksa dan buang benih yang rusak atau layu di samping membuang kotoran-kotoran yang ditemukan bercampur dengan benih.

Langkah 2: Tuangkan benih di atas penapis dan bilaslah di bawah air mengalir. Masukkan benih kedalam ceret atau mangkok untuk merendamnya semalam. Pastikan bahwa tersedia air jernih yang cukup untuk menutupi sekitar 6 hingga 8 cm di atas permukaan benih.

Langkah 3: Pada hari berikutnya, tutuplah mulut ceret atau mangkok dengan kain katun tipis. Kencangkan penutupnya dengan ban karet. Kain katun penutup tersebut berfungsi sebagai penapis. Bilaslah benih tersebut dengan air berulang-ulang. Goyanglah ceret pelan-pelan saat anda menyiramnya. Jika ada benih yang telah rusak atau berbau busuk, ambil dan buanglah.

Langkah 4: Buanglah airnya dari ceret. Jika dalam ceret masih terdapat banyak air, benih akan membusuk dalam beberapa hari berikutnya. Biarkan ceret tetap pada tempatnya dan biarkan benih berkecambah.

Langkah 5: Pada waktu senja di hari yang sama, ulangilah proses pembilasan. Proses pembilasan ini harus dilakukan setiap pagi dan petang selama beberapa hari berikutnya. Saat ini, benih telah berkecambah dengan baik.

Langkah 6: Setelah empat atau lima hari, kecambah siap dipanen. Simpanlah kecambah tersebut dalam lemaries sehingga dapat bertahan selama seminggu. Anda tidak perlu memakan semuanya dalam satu waktu.

Cara memakan kecambah:

roti gandum isi kecambah alfalfa

roti gandum isi kecambah alfalfa

Sebagaian orang memakan kecambah mentah sedangkan yang lain lebih suka memakannya setelah dimasak.

Anda dapat menambahkan kecambah pada salah, sandwhich atau dalam sup tanpa harus merebusnya. Kecambah juga dapat dimasak ringan dengan cara dikukus maupun dioseng.

 

Leave a Reply